Belajar adalah tugas pokok para pelajar, kalimat ini sering banget kita dengar tapi yaampun sulit banggat yah di praktekinnya. Harusnya belajar menjadi prioritas utama sebagai pelajar atau mahasiswa.

Kadang belajar terasa berat, muuaallless (lebih dari males) hehe. terus pas sudah belajar dari pagi, siang, malam, tapi masih sering aja lupa, bingung dan gak paham, pahamnya hanya saat itu juga, nanti kalau sudah sehari udah lupa lagi dan masih kesulitan untuk memecahkan suatu persoalan yang padahal sudah kita pelajari pada waktu-waktu sebelumnya. Itu mungkin karena cara belajar kita yang kurang efektif.
Nah disini kami coba diskusikan bagaimana cara belajar yg efektif, mohon dikoreksi dan ditambahi.

Memilih waktu yang tepat.
Kita harus memilih waktu yang tepat entah pagi, siang ato malam. Waktu untuk belajar kita harus bisa nentuin mana yang terbaik atau nyaman buat kita belajar dan bisa konsentrasi. Sehigga yang kita pelajarin nyangkut tuh. Jadi waktu sangat berpengaruh, banyak pendapat bahwa pagi merupakan waktu yg sangat bagus kualitas belajar 5jam siang = 1jam pagi. karena kita masih fresh dan otak jg belum terlalu banyak sibuk jadi bagus banget kalo kita gunakan untuk belajar.

Suasana yang tenang /nyaman

Suasana perlu diperhatikan, dimana suasana tidak boleh gaduh dan tenang sehingga konsentrasi kita untuk belajar tidak terganggu oleh apa-apa dari luar. Ciptakan suasana nyaman dan mendukung meledakkan semanggat kita belajar. mungkin ada juga  yang suka belajar sambil dengar musik, sambil ngemil,  kalau saya belajar sambil sms-an/online haha. Intinya ciptakan suasana yg pas mantab n tetap ada konsentrasi serius dan fokus dari apa yg kita pelajari

Tempat yang nyaman Untuk belajar agar efektif tempat yang kita pilih harus nyaman, dimana kita dapat belajar dengan penuh kenyamanan dan apa yang kita pelajari dapat dimengerti.

Sedikit demi sedikit 
Sebaiknya kita belajar sedikit demi sedikit dan rutin gag langsung banyak 1 buku, karena itu tidak akan efektif malah otak kita menjadi capek dan akhirnya jadi down kasian kan .. lagian juga sudah tidak jaman sob system SKS (sistem kebut semalem) besonya mau uts/uas malemnya ngebut.. wah bisa ngebul tuh kepala.

Membuat ringkasan 
Dengan membuat ringkasan akan memudahkan kita dalam belajar dan menghafal atau memahami. Bisa mempertajam ingatan kita tentang pelajaran itu karena dengan meringkas secara tidak langsung kita telah berulang kali memahami pelajaran itu because saat meringkas 1. membaca materi 2. menginggat yg kita baca sebelum ditulis 3. menulis kembali di kertas ringkasan.

Membuat kelompok belajar 
Dengan dibentuknya kelompok belajar akan memudahkan kita semisalnya kita waktu belajar ada kesulitan maka dapat ditanyakan sama teman-teman kelompok belajarnya dan dapat saling bertukar pikiran, tapi dalam kelompok belajar itu harus benar-benar belajar jangan kaya gigigendut tujuannya belajar hasilnya 30% belajar 70% ngobrol n ngegosip.🙂

Pelajari materi sebelum dosen menyampaikan
Ini seringkali diucapkan oleh Pak Astari dosen Logika Algoritma kami, karena dengan begitu minimal kita telah memahami konsep-konsep yang akan dipelajari. Bila telah dipelajari sebelumnya artinya kita sudah setengah melangkah nah pas pembahasan materi dengan dosen kita tinggan menyempurnakan bagus bila sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan.
Ini juga sulit banget kita terapkan dengan berbagai alasan karena kita para eksekutif muda yang sibuk. Ciee.. Tapi paling ngga taulah judul bab yang akan dipelajari, jangan sampai matakuliahnya aja gag tau atau jadwal tidak mempunyai, lebih parah lagi suda gitu ga kenal sama dosen pengajarnya hadu2 gag niat banget yah.. pulang aja dah lu. hehe becanda pren!