persiapan nonton bareng dah dimualai sejak jam 20.00 waktu setempat, saya n temen2 mulai kumpun ditempat Yudha. karena jadwal final euro 2012 dimulai dini hari cuma beberapa temen yang setia kumpun untuk nonton bareng, yang laen mah pada kabur.. sambil nunggu acara mulai kita karaokean, becanda2 dan menggila bersama, juga maen PS. saya ndiri, Yudha, Muhasim, Ali, dan 2 tmn cewe apria sama eka gilee cewe fanatik sama bola, kita penonton setia sodara-sodara karena nonton sampe pagi..

kembali ke laptop, ini ceritanya kan mau beropini tentang final euro. hasil akhir pertandingan ternyata 4-0 untuk tim matador.. jauh dari perkiraan saya sebelumnya, yah namanya bola bulet. kesimpulannya italy payah, kalahnya kebanyakan.. sebelumnya yang saya perkiraan ini jadi pertandinggan yang sengit penentu penguasa eropa, yahh ini sih bukan pertarungan melainkan pembantaian, hehe. penonton kecewa,,

mulai menit2 awal agresifitas mulai ditunjukkan kedua tim, tapi lama kelamaan spanyol mendominasi permainan italy ga bisa mengimbangi ya mau ga mau italy mengikuti gaya permainan spanyol.. apria pendukung spanyol teriak lepas menit 14 silva berhasil nanduk bola dan gol..  pendukung italia masi slow.. pertandingan baru dimulai.. tapi kenapa setelah gol pertama terlihat alur permainan mulai jadi milik spanyol, spanyol terlihat nyaman n menikmati permainannya.. meski pertahanan itay cukup rapat, dan serangan2 balik italia masih kelihatan bingung balotelli ga cukup fine, dorrr menit 41 keren bgt fabregas memberi asist ke albadan goll.. waduh2 pendukung italia harapp cemas..

sampe akhirnya di babak kedua permainan italia tampak membosankan, seperti spanyol sedang mengajarkan sepak bola.. ntah kesalahan dimana pada italy, posisi kurang jos, uman2 mudah dipatahkan.. serangan mlempemm. Spanyol tampak ganas.. dan mulai memasukkan straiker murni torres dan matta (keduanya idolaku di chelsea) alhasil mereka menjalankan tugas dengan baik 2 gol masing2 satu-satu jangan berebut.. hehe, taktik yang matang dan unik dari pelatih spanyol.

tapi apaun itu harus diakui spanyol memang tangguh, La Furia Roja menjadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil memenangi tiga turnamen besar secara beruntun, yaitu Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012, juga tim pertama yang sukses mempertahankan trofi Henri Delaunay. Selain itu, mereka juga menang dengan margin gol terbesar sepanjang sejarah final Piala Eropa.