ari_lasso-015Ari Bernardus Lasso, atau lebih dikenal dengan nama Ari Lasso (lahir di Madiun, Jawa Timur, 17 Januari 1973; umur 39 tahun) adalah penyanyi pop Indonesia. Ia pernah tercatat sebagai vokalis grup band Dewa 19 (1991-1999) yang akhirnya ia keluar dan menjalani karier sebagai penyanyi solo.

Awal karier
Ari pertama kali membentuk Outsider Band sewaktu sekolah di SMA Negeri 2 Surabaya bersama Wawan Juniarso (drummer Dewa) Piyu (gitaris Padi). Kemudian ia bergabung dengan Lost Angels Band, yang kelak menjadi Boomerang.
Ia kemudian bergabung dengan Down Beat, yang kemudian berganti nama menjadi Dewa, dan berubah lagi menjadi Dewa 19. Band ini menjadi besar, dan hampir setiap album yang dikeluarkan terjual ratusan ribu kopi. Di tengah kesibukannya menjadi personel Dewa, Ari berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Ari Lasso
Latar belakang
Nama lahir Ari Bernardus Lasso
Nama lain Ari
Lahir 17 Januari 1973 (umur 39)
Bendera Indonesia Madiun, Indonesia
Genre Pop, Pop rock
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 1991–kini
Label Aquarius Musikindo
Situs resmi http://www.a-lass.com

Pasca Dewa 19
Sejak dirilisnya album Pandawa Lima tahun 1997, hubungan Ari dengan Dewa 19 mulai memburuk, terlebih ketika Ari mulai mengonsumsi narkoba dan akhirnya ia dikeluarkan oleh Ahmad Dhani sebagai anggota Dewa, dan posisinya sebagai vokalis digantikan oleh Once. Meski demikian, Ari sempat menjadi backing vocal lagu Roman Picisan dalam album Dewa Bintang Lima.
Setelah resmi keluar dari Dewa, Ari mulai menggarap album solonya. Ari muncul kembali ke dunia hiburan, tampil duet bersama Melly Goeslaw, yang kemudian sukses besar di pasaran. Tahun 2001 Ari mengeluarkan album solo pertamanya Sendiri Dulu, yang juga sukses besar dengan tembang andalannya Misteri Ilahi. Di album ini ia dibantu oleh Bebi (Romeo), Bimo Sulaksono (Romeo, ex-Netral), Erwin Prasetya (ex-Dewa 19), Andra (Dewa 19), Bongky (BIP, ex-Slank), Anto Hoed (Potret), Denny Chasmala, dan Andi Rianto. Tahun 2003 ia kembali merilis album keduanya Keseimbangan. Pada album ini ia menggandeng musisi-musisi hebat seperti Ahmad Dhani, Piyu (Padi), Andra (Dewa), Bebi Romeo, Ricky (Five Minutes), Marshal (ADA Band, ex-Dr.PM). Tahun 2004 ia merilis album ketiganya Kulihat, Kudengar, Kurasa, dimana salah satu lagunya menjadi sound track film layar lebar dengan judul sama, Mengejar Matahari.
Ari mengeluarkan album keempatnya dengan tajuk “Selalu Ada” pada tahun 2006. Di album ini, lagu Cinta Terakhir menjadi andalannya.
Pada tahun 2007, Ari merilis album “The Best of” dengan salah satu lagunya, Aku dan Dirimu, di mana Ari duet bersama Bunga Citra Lestari.
Pada tahun 2012, Ari meluncurkan sebuah album yang diberi judul Yang Terbaik. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia. Album ini memuat delapan single pilihan dari lima album studio sebelumnya, ditambah enam lagu terbaru “Kisah Kita”, “Karena Aku Tlah Denganmu”, “Cintailah Aku Sepenuh Hati”, “Satu Cinta”, “Doa Untuk Cinta” dan “Cinta Adalah Misteri”. Ari juga termasuk musisi yang sukses menjual albumnya di gerai KFC seperti Cinta Laura, Indah Dewi Pertiwi, Agnes Monica, SM*SH, T.R.I.A.D, Rossa, Slank, Last Child, Ello, Sammy Simorangkir, Armada dan Ungu.

Setelah agak lama menghilang dari peredaran, akhirnya Ari muncul kembali di Blantika musik Indonesia dengan , tampil duet bersama Melly Goeslaw untuk mendendangkan lagu “Jika” yang terdapat dalam album solo Melly. Lagu ini berhasil menduduki peringkat pertama hampir diseluruh tangga-tangga lagu di Indonesia. Meninjau duetnya dengan Melly terbukti Ari bisa eksis tanpa Dewa. Bukan tidak mungkin kesuksesan itu akan terulang pada album solonya.
Setelah akhirnya dirinya resmi keluar dari Dewa, Ari mulai berkonsentrasi untuk menggarap solo Album yang telah dia persiapkan sejak tahun 1997. Namun ada sedikit permasalahan antara Ari dan produser hingga pengedaran album tersebut tersendat-sendat. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya pada tanggal 8 Agustus 2001 Ari menggebrak penggemarnya dengan album solonya yang berjudul ungkapan perasaannya, yaitu album yang diberinya title “Sendiri Dulu”. Di album pertamanya itu Ari giat menekuni pembuatan video klip perdana untuk lagu Misteri Ilahi. Tentu saja klip ini akan menjadi bagian dari kembalinya Ari ke blantika musik Indonesia setelah sekian lama menghilang. Hebatnya dalam penjualan album itu, dalam waktu dua minggu sudah mencapai angka 100 ribu kopi. Dan selama hampir 6 Bulan Album “Sendiri Dulu” berhasil menerobos ke angka penjualan 500 Ribu kopi.
Tentu saja angka tersebut sangat fantastis bagi seorang penyanyi solo. Hal ini semakin menguatkan Ari untuk menjejakkan langkahnya sebagai penyanyi solo dan berhasil lepas dari bayang-bayang Dewa.
Bersama album ini Ari membawa obsesinya untuk menjadi penyanyi yang baik, profesional, dan legendaris. ”Terus terang di album ini aku dan Aquarius jualan suaraku. Soalnya musik dan lagunya nggak terlalu rumit,” katanya. Di album ini ia dibantu oleh Bebi Romeo, Erwin Dewa, Andra, Bimo, Bongky, Anto Hoed, Denny Chasmala, Andi Rianto, dll.
BERBEKAL kesuksesan yang diraih dalam album solo pertamanya, Ari Lasso kembali mengeluarkan Album keduanya yang diberi judul “Keseimbangan” pada tanggal 15 Februari 2003. Sementara tema yang diangkat oleh Ari masih seputar masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan Cinta. Namun Ari ingin memberikan sedikit perbedaan dalam album “Keseimbangan” ini. Jika album pertamanya menyuguhkan nuansa pop, kali ini di album keduanya nuansa yang diberikan bukan sekadar nuansa pop, tapi nuansa Rock juga terasa di album ini. Agar lebih inovatif dan tidak terlalu ringan. Biar pendengar juga mendapat sebuah nuansa baru dari karakter vokalnya yang khas itu. Ari juga berhasil menggandeng musisi-musisi hebat seperti Ahmad Dhani, Piyu (Padi), Andra (Dewa), Bebi Romeo, Ricky FM, Marshal (Dr. PM) dll, untuk membantunya dalam Album ini. Album kedua ini juga laku keras dipasaran. Dengan single pertamanya “Rahasia Perempuan” dalam beberapa minggu saja sudah meraih angka penjualan ratusan ribu keping, Hal tersebut semakin menguatkan jalan Ari Lasso untuk menjadi seorang penyanyi solo yang terbaik di negeri ini.

Sumber: id.wikiedia dan official web ari lasso