kemarin 11 Juli telah berlangsung pemilu gubernur untuk periode 2012, ada 6 pasangan cagub dan cawagub.  daftar calon gubernur dan wakil yang telah terdaftar di KPUD saat itu adalah:

Alex Noerdin – Nono Sampono
Parpol Pendukung : Golkar, PPP, PDSAlex Noerdin saat ini masih menjabat sebagai gubernur Sumatera Selatan, pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan 61 tahun lalu itu telah malang melintang menjadi kepala daerah.Sebelum menjabat sebagai gubernur Sumatera Selatan selama dua periode, Alex menjabat bupati Musi Banyuasin.
Faizal Basri – Biem Benyamin
Jalur Non Parpol

Nama Faisal basri tidak asing di telinga, ia populer sebagai pengamat ekonomi dan kerap mengkritisi kebijakan ekonomi pemerintah. Lahir di Bandung, Jawa Barat pada 6 November, 52 tahun lalu. Faisal menyelesaikan sarjana ekonominya dari Universtias Indonesia dan meraih gelar Master of Art dari Vanderbilt University, Nashville, Amerika Serikat tahun 1988

Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama
Parpol Pendukung : PDIP, GerindraJoko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, pria kelahiran Surakarta 50 tahun lalu itu telah memimpin Solo selama dua periode. Nama Jokowi mendadak sangat populer setelah keberhasilannya mempromosikan mobil Esemka, karya siswa SMK Solo.
Hendardji Soepandji – Ahmad Riza Patria
Jalur Non ParpolHendardji dikenal sebagai Ketua Umum Organisasasi Induk Karate se–Indoenesia / FORKI. FORKI pada SEA Games di Palembang beberapa waktu yang lalu mengukir prestasi luar biasa dengan menyumbangkan emas terbanyak bagi Indonesia.
Hidayat Nur Wahid – Didik J Rachbini
Parpol Pendukung : PKSHidayat Nur Wahid adalah mantan presiden PKS yang juga mantan ketua MPR.
Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli
Parpol Pendukung : DemokratFauzi Bowo lahir di Jakarta 10 April, 64 tahun lalu, Ia adalah gubernur DKI Jakarta saat ini.

itu adalah profil kandidat yang bertarung kemarin.. hasil akhir perhitungan suara adalah pasangan Jokowi-Ahok yang unggul dengan 43 %suara disusul pasngan Foke-Nara 33% suara. hasil yang sangat mengejutkan. sehingga 2 kandidat ini harus bertarung lagi pada putaran kedua.

Yaa tidak herang Jokowi unggul lebih mendominasi mengenai suara baik di jakarta pusat, jakarta selatan dan wilayah lain. cintra beliau memang sudah banyak dikenal masyarakat jakarta selama memimpin solo, dan dalam kategori pemimpin yang berhasil menyandang predikat walikota terbaik kala itu. saya sendiri mengenal jokowi awalnya pas ada acara mata najwa di metro tv, jokowi sedang diwawancara oleh presenter faforit saya Najwa shihab, hehe. memang luar biasa itu pemimpin, diwawancarai mengenai kepemimpinannya sebagai walikota solo.  jokowi memang dasarnya tidak berasal dari parpol karena beliau adalah pengusaha.

mungkin masyarakat jakarta juga sadar tentang predikat dan keunggulan masing-masing calon gubernur, jakarta tidak perduli tentang calon pemimpinya berasal dari daerah manapun luar jakarta, terbukti kan jokowi mampu bersaing dengan fauzibowo gubernur saat ini dengan hasil tipis suara pada putaran pertama.

siapapun pemimpin jakarta nantinya semoga tetap bisa konsisten dengan semua janji-janjinya semasa kampanye, benar2 bisa merubah jakarta dan mensejahterakan masyarakatnya..