Ada 8 pertanyaan mendasar yang dapat Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri untuk menggambarkan sehatkah gaya hidup yang Anda jalani selama ini.

1. Apakah saya makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari?
Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Dan dengan 5 porsi buah dan sayuran perharinya, kebutuhan itu dapat terpenuhi.
Sayuran dan buah adalah sumber terbaik antioksidan yang dapat mencegah seseorang dari serangan jantung dan kanker. Serat yang terkandung di dalamnya juga penting untuk pencernaan.
Catatan: 1 buah pisang terhitung sebagai 1 porsi.

2. Apakah saya bergerak aktif minimal 30 menit setiap hari?
Tubuh perlu bergerak dengan aktif, dalam hal ini berolahraga atau menari. Dengan berolahraga minimal 30 menit perhari dalam 5 hari, peredaran darah lancar dan badan menjadi tidak kaku serta sehat.

Pastikan aktivitas yang Anda lakukan adalah sesuatu yang Anda sukai agar dapat dilakukan secara kontinu.

3. Apakah saya minum 8 gelas perhari?
Begitu banyak alasan mengapa tubuh perlu minum. Antara lain untuk kekebalan tubuh, untuk pencernaan, untuk kesehatan kulit dan membuang racun. Karena itulah, sebenarnya jauh lebih baik jika ia minum lebih dari hanya 8 gelas. Yang dimaksud jelas air putih, bukan soft drink atau kopi. Jika air putih serasa membosankan, jus buah dapat menjadi selingan yang menyegarkan.

4. Apakah saya mengkonsumsi terlalu banyak garam?
Terlalu banyak orang mengkonsumsi terlalu banyak garam. Dalam semua masakan yang dimasak sendiri maupun yang terdapat dalam setiap makanan jadi olahan, kandungan garamnya sangat tinggi.
Tubuh memang perlu garam, tapi tidak dalam jumlah yang berlebihan. Berlebih justru beresiko terhadap tekanan darah dan dapat menyebabkan serangan jantung bahkan stroke. Satu sendok teh garam perhari adalah yang dianjurkan.

5. Apakah saya sering makan makanan manis berlemak?
Makanan manis berlemak dapat merusak gigi, menimbun lemak dalam tubuh hingga menyebabkan obesitas dan penyebab penyakit jantung serta diabetes. Karena itu jangan jadi kecanduan makanan yang terlalu manis dan berlemak. Makanlah sebagai selingan yang nikmat, bukan sebagai kebutuhan yang sangat sering dikonsumsi.

6. Apakah saya cukup tidur?
Tubuh perlu tidur untuk kembali membangun tenaga. Yang baik ialah tidur selama 7 jam perhari. Tubuh yang lelah akan mempengaruhi daya kerja otak dan kegiatan normal harian. Karena itu usahakan untuk mendapat tidur yang cukup. Kalau perlu biasakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

7. Apakah saya merokok?
Merokok punya lebih dari 50 cara untuk memberi pengaruh negatif pada tubuh dan punya 20 cara untk membunuh tubuh itu sendiri. 1 dari 2 perokok sangat rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Belum lagi jika resiko kanker, impotensi, stroke dan penyakit lain ikut disebutkan.

Karena itu berhentilah merusak diri sendiri dengan rokok!

8. Apakah saya merasa bahagia?
Seseorang yang senang dan bahagia dalam hidupnya akan membuat sistem kekebalan tubuh terpacu dan membuatnya sehat. Orang yang tidak bahagia cenderung sakit-sakitan baik secara mental dan fisik.

Karena itu, jika Anda merasa tidak bahagia dalam hidup, Anda harus mulai mencari jawaban dari pertanyaan dan dilema hidup yang menjadi penyebab ketidakbahagiaan itu.

And as fast as I know, God is the only answer you got.

sehat mahal harganya, apalagi jaman sekarang ini harus pintar-pintar dah menjaga kesehatan dan bagaimana artikel diatas cukup menarik bukan, mari kita sesuaikan dengan pola hidup yang kita jalana bagian mana yang harus diperbaiki?? 
terimakasih kepada: