Stasiun Cepu (CU) adalah stasiun kereta api yang terletak di Balun, Cepu, Blora. Stasiun yang terletak pada ketinggian +28 m dpl ini berada di Daerah Operasi IV Semarang, dan merupakan stasiun KA aktif yang berada paling timur di Jawa Tengah. Stasiun Cepu adalah stasiun KA terbesar di Kabupaten Blora, dan berada di depan Lapangan Ronggolawe. Dari Stasiun Cepu terdapa tbekas percabangan rel kereta api menuju Kota Blora, yang kini sudah tidak aktif. Stasiun ini merupakan stasiun yang paling timur di bagian utara Jawa Tengah. Stasiun ini juga mempunyaiDipo Lokomotif.

Dipo lokomotif adalah tempat menyimpan, menyiapkan, melakukan pemeriksaan, memelihara, dan perbaikan ringan agar lokomotifsiap untuk melakukan tugasnya menarik rangkaian kereta api. Untuk melakukan semua kegiatan itu, dipo dilengkapi dengan bangunan, jalan rel khusus untuk pemeliharaan dan pencucian, gudang persediaan suku cadang atau komponen, fasilitas pendukung, dan pegawai pengelola dipo. Lokasi Dipo Induk Sidotopo berada di Jalan Sidotopo Lor No. 2 Surabaya.

DSC02064.JPG

Tempat ini selalu mengingatkan kenangan ku saat kecil, waktu masih kecil aku sangat suka naek kereta api.. yaa distasiun inilah awal mula aku mengenal KA, seringkali saat libur sekolah ketika tinggal di Randublatung. suka jalan-jalan hanya untuk naek kereta dari stasiun Cepu dan turun di Stasiun Randublatung, emang ga jauh sih tapi cukup menyenangkan..

gambar seperti ini juga pernah saya alami di stasiun cepu, saat mudik balik ke jakarta ketika itu aku masih kecil kelas 4 sd. bisa naek n masuk ke dalam kereta aja udah seneng .. dulu aku naek dari jendela kereta yang sudah pecah,  haduhh bener2 tidak nyaman dan sangat tidak layak saya kira.. semoga saja armada fafovit ini semakin ada perbaikan dan memberikan kenyamanan kepada para masyarakat semua..

sumber informasi artikel id.wikipedia dan gambar dari berbagai sumber