# Tips 8 : Rajinlah mengunyah-ngunyah pertanyaan, dan Anda akan mudah menemukan ide-ide yang biasa ditulis. sehingga menulis menjadi gampang.

# Tips 14 : Agar Anda benar-benar percaya diri, menulislah berdasarkan pengamatan Anda, atau Anda juga bisa menulis berdasarkan pengalaman Anda, lalu perkayalah dengan konsep-konsep teoritis yang membangun. Dan, penting buat Anda bergaul dengan orang-orang positif dan mendukung tekad Anda.

# Tips 18 : Sumber atau pemicu ide yang paling banyak adalah bacaan; bisa koran, tabloid, majalah, atau informasi dari internet. Jadi, penulis yang baik adalah pembaca yang baik.

# Tips 21 : Menulis bisa gampang kalau kita punya cinta. Segampang seorang remaja belia menulis puisi-puisi romantis ketika merasa “jatuh cinta”.

# Tips 25b : Jika ingin menjadi penulis profesional, Anda harus bisa memahami terlebih dahulu pengertian “mutu” dari pihak penerbit: Apakah mutu itu berarti ide-ide “baru”? Apakah mutu itu berarti relevansinya dengan kepentingan umum? Apapun “mutu” itu, harus Anda pahami!

# Tips 32 : Segala sesuatu memerlukan bakat, termasuk dalam tulis-menulis. masalahnya adalah bagaimana minat dan ambisi menulis bisa terpelihara dalam waktu yang lama, bahkan saat tantangan dan kesulitan terasa begitu berat untuk dihadapi. Jawabannya adalah, sekali lagi, komitmen!

# Tips 34 : Anda ingin menulis sebuah buku? Anda tidak harus menulis buku, tapi tulislah satu artikel satu hari. Esok tulis lagi satu artikel. Kemudian tulis lagi satu artikel, dan kelak tulisalah satu artikel lagi….Ops! Carilah benang merahnya! Jahitlah! Permaklah! Nah, jadilah buku Anda!

# Tips 35 : Penulis-penulis yang melahirkan karya besar umumnya adalah “penulis pembelajar” yang tidak pernah menulis buku dengan niatan menulis buku best seller tapi best book.

# Tips 36 : Jangan pernah berharap tulisan Anda akan menyentuh hati pembaca, jika karya itu tak bisa mengkhamiri hati Anda sendiri. Dan jangan pernah berharap karya Anda akan mengubah perilaku seseorang, jika tulisan Anda hanya gagasan semata, jauh dari perilaku Anda …

# Tips 37 : Jika ada penulis yang mengaku produktif tanpa pernah membaca sama sekali, artinya ia berhenti belajar, dan hanya ada dua kemungkinan: Pertama, ia sudah mencapai tingkat “manusia guru”, atau kedua ia pembohong, dan ini mungkin yang lebih masuk akal.

# Tips 39 : Khusus kepada para sarjana yang pernah “belajar” menulis skripsi di kampus terdahulu, sekurang-kurangnya Anda berpotensi menjadi seorang “penulis”.

# Tips 41 : Pengetahuan Barat begitu mendominasi karya tulis manusia Indonesia. Kini sudah saatnya kita memulai lebih berkiblat pada “kearifan lokal”, atau referensi apapun untuk lebih memberi tempat autentisitas kita sebagai penulis.

# Tips 43: Penulis yang baik tidak pernah menulis sebuah konsep yang sederhana menjadi rumit, sebaliknya justru mampu menyederhanakan konsep-konsep yang rumit.

# Tips 47 : Menulislah karena itu memang pilihan hidup Anda, dan karena pekerjaan menulis itu mengasyikkan Anda!

diambil dari buku Mengukir Kata Menata Kalimat: Rahasia Andrias Harefa Menulis 30 Buku Best Seller