oleh Fitri Syarifah
Posted: 08/01/2013 18:32
Cara Menjinakkan Diabetes di 2013

Liputan6.com, Bagaimana Anda mengatur kadar diabetes Anda agar tetap normal di tahun 2013. Nutrisi yang baik dan gaya hidup aktif sangat baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat kerusakan pankreas, yakni kelenjar yang memproduksi insulin.

Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Gejala yang sering timbul adalah sering kencing malam (poliuria), dan sering makan (polifagia) tetapi berat badan tidak bertambah malah seringkali semakin kurus dan sering merasa haus (polidipsa).
Penyakit diabetes bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tapi sudah banyak bukti kalau anak-anak juga bisa terkena penyakit ini.

Penelitian mengamati anak-anak yang mengalami diabetes ini terutama jika anak memiliki masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah dan diabetes saat ini telah menjadi identik dengan generasi muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh AC Nielsen pada tahun 2010 mengungkapkan kalau 64% dari laki-laki dari kelompok usia 40-50 di kota-kota seperti Chennai, Mumbai, Delhi, Pune dan Kolkata tidak bisa tinggal jauh dari makanan yang tidak sehat. Padahal makanan ini merupakan penyebab utama penyakit jantung dan diabetes, seperti dilansir Healthmeup, Senin (7/1/2013).

Hal ini ditambah dengan sibuknya seseorang dan pada akhirnya gaya hidup tidak sehat ini dipenuhi lemak, gula, dan kalori yang tinggi. Jarangnya konsumsi vitamin dan mineral juga memiliki dampak yang buruk.

Oleh karena itu mudah sebenarnya untuk menetapkan resolusi kesehatan 2013 terkait diabetes ini. Namun banyak orang yang akhirnya menyerah karena alasan lainnya untuk mengubah gaya hidup lebih sehat.

Dr NG Sastry, seorang ahli Diabetologist, Direktur Dr Mohan Diabetes Centre, Hyderabad, akan membantu pasien diabetes untuk memastikan kalau resolusi diabetes mereka akan sukses di tahun ini.

1. Makanan
Jaga asupan Anda dan pastikan untuk membawa makanan kecil di tas Anda. Gunakan produk susu rendah lemak, gula alami seperti madu, dan pilih minuman sehat seperti jus tanpa gula. Makanan khusus juga harus dicoba seperti labu pahit (karela), bawang putih, bawang merah, biji rami (alsi) dan kacang kedelai yang bisa membantu mengendalikan diabetes.

2. Obat & Terapi
Pastikan kalau Anda tidak terlambat minum obat sesuai dosis yang dianjurkan.Pemantauan rutin kadar glukosa darah adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup. Meskipun tes darah standar gula dikenal sangat penting untuk mengevaluasi kadar gula darah pasien diabetes.

Dokter sangat merekomendasikan penggunaan alat diagnostik seperti Sistem Pemantauan Glukosa terus-menerus (CGMS) yang memberikan gambaran yang lebih akurat tentang gula darah fluktuasi untuk penderita diabetes.

Pemantauan ini bisa membantu pasien untuk mengontrol penyakit. Pasien bisa merasa lebih percaya diri, energik dan santai sehingga bisa menyesuaikan tingkat insulin.

Selain itu jika Anda seorang penderita diabetes yang bergantung pada insulin, mulai dari sekarang coba singkirkan suntikan insulin dan coba terapi terbaru Insulin yang paling canggih seperti Pompa Paradigma VEO, yang meniru fungsi pankreas dengan memberikan insulin secara efektif.

Dengan pompa tersebut, pasien dapat memantau kadar glukosa mereka terus menerus dan dapat menghindari episode hipoglikemia dengan pengelolaan yang baik diabetes.

Terapi ini memberikan fleksibilitas lebih untuk menjalani hidup normal dan membantu untuk mencapai kontrol yang lebih baik sehingga mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. Menggunakan pompa insulin, Anda dapat mencocokkan insulin Anda dengan gaya hidup Anda daripada menyesuaikan gaya hidup untuk respons tubuh Anda terhadap suntikan insulin.

Kegiatan fisik
Mulai biasakan olahraga teratur dan menjaga kebugaran fisik. Latihan rutin telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan lebih dari apa pun yang dikenal manusia. Singkatnya, latihan bisa membuat Anda tetap sehat dan membuat Anda merasa lebih baik dan energik.

Makan dengan benar dan olahraga pada waktunya akan memungkinkan Anda untuk membakar gula darah sebelum ia memiliki kesempatan untuk kembali menjadi lemak.

Selain itu, pembakaran lemak juga bisa menurunkan berat badan. Aktivitas fisik akan membantu Anda menggunakan insulin yang Anda hasilkan untuk mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi. Ini akan membantu menjaga kadar gula darah Anda lebih rendah.

Anda bisa karena terbiasa
Tetapkan tujuan yang realistis sesuai keinginan Anda untuk melakukan sesuatu. Coba berpikir positif tentang diabetes. Meskipun penyakit ini menantang tetapi penyakit ini adalah pembelajaran untuk hidup sehat dan normal.

Dengan pemantauan yang tepat dan pilihan pengobatan seperti CGMS & terapi pompa insulin. Dengan kemajuan teknologi, seseorang bisa meningkatkan gaya hidup dan pola pikir yang positif.

Dukungan keluarga
Anggota keluarga juga sudah seharusnya membantu penderita diabetes dengan menyiapkan makanan sehat dan makan bersama keluarga. Hal ini menguntungkan penderita diabetes karena pasien akanmerasa tidak ditinggalkan oleh keluarga dan akan berpikir positif untuk tetap hidup sehat.

Simpan keinginan kuat untuk sehat sepanjang tahun ini dan capai cita-cita Anda agar diabetes tidak menghambat perjalanan karir Anda. (FIT/IGW)

liputan6.com