Saya paling suka kegiatan copy atau paste dari file-file, tapi bukan dengan maksud untuk plagiat atau pembajakan yak.. melainkan dengan adanya copy paste memudahkan pekerjaan, menjadi lebih efektif dan tak perlu cape cape.. ada file yang berformat PDF itu ada yang bisa di copy paste ada pula yang tidak, yang tidak bisa di copy mungkin karena (tulisan) file pdf tersebut berasal dari dokumen gambar (scan) sehingga cursor akan membaca itu file gambar bukan teks ketik. tidak bisa di copy mungkin juga karena di protec sama si empunya file. kan sekarang banyak sekali tuh software-software yang berkaitan dengan otakatik file pdf.

disini saya bukan mau bahas tentang copy paste tapi tentang membuat file pdf (save as pdf) dari dokumen kita di aplikasi ms.office, serta bagaimana kita mengotak-atik file pdf yang sudah kita punya meliputi merge atau menyatukan beberapa file pdf kita jadikan satu, split, membuat halaman atau header foother. dan banyak lagi. tampilannya seperti gambar berikut.PDFill

dan membuat file pdf (save as pdf) dari dokumen kita di aplikasi ms.office sehingga ada tampilan seperti berikut di pilihan save as.

saveasPDF

software yang saya maksud klik disini
(instal/jalankan semua file aplikasi tersebut)
dulu saya juga mendapatkannya dari berselancar di dunia maya juga, hehe. sudah lupa sources nya. ya dari berbagai sumber saya lah.