I’m Possible

“Dream and give yourself permission to envision a You that you choose to be. – Bermimpilah dan ijinkan Anda melihat diri Anda yang sesungguhnya.”
Joy Page (November 9, 1924 – April 18, 2008), artis berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal dengan perannya sebagai Annina Brandel dalam film yang berjudul Casablanca (1942).

Manusia memiliki potensi yang luar biasa. Segala yang ia pikirkan, suatu ketika pasti menjadi kenyataan. Tidak ada yang tidak mungkin ia wujudkan.

Cobalah tengok maha karya manusia dalam berbagai bidang, misalnya dalam bidang politik, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, sosial ataupun rekor olahraga. Mereka mampu menciptakan semua itu bukan berarti mereka sempurna dalam segala hal. Mereka juga sama seperti kita memiliki keterbatasan tetapi, keterbatasan itu tidak membuat mereka berhenti bermimpi dan berusaha mewujudkan impian tersebut hingga menjadi kenyataan.

Apapun impian kita, itu pasti dapat kita wujudkan, bagaimanapun keadaan dan situasi yang kita hadapi saat ini. Walaupun dulu saya tinggal di kampung, sejak kecil sudah bermimpi menjadi orang kaya dan sukses. Setelah remaja dan dan lulus kuliah, rupanya kehidupan saya masih serba terbatas. Tetapi, proses kehidupan selanjutnya mengajari saya untuk berani bermimpi, memperjuangkan impian tersebut sekuat tenaga, dan tetap optimis apapun yang terjadi.

Proses yang saya jalani tidak selalu berjalan mulus, karena sayapun harus mengalami pahitnya pengalaman jatuh bangun berkali-kali. Jika waktu itu saya menyerah, pasti saya sudah kalah. Tetapi, saya tetap berusaha sambil terus memperbaiki diri. Perjuangan selama 25 tahun itupun sudah membuahkan 10 impian yang saya anggap suatu prestasi luar biasa, yaitu:
1. Memiliki keluarga yang sehat dan bahagia;
2. Menjalani sebuah pola hidup yang seimbang, sehat, dan sederhana;
3. Memulai dan memimpin sebuah bisnis (KK Indonesia) yang mempromosikan konsep hidup yang “Sehat, Kaya, dan Bahagia”;
4. Menghasilkan 22 buah buku (18 dalam Bahasa Indonesia dan 4 dalam bahasa Cina);
5. Menjadi seorang public speaker atau motivator;
6. Mendapat banyak penghargaan dan satu diantaranya adalah penghargaan The Best Entreprenuer of the Year 2009 dari IAF;
7. Memperoleh gelar DR (USA) dan Dato’ (Malaysia);
8. Mengadakan Program Dana Pendidikan bagi keluarga besar alm. Ayah saya dan beasiswa bagi anak-anak staff KK Indonesia (KASi);
9. Sudah mengunjungi lebih dari 30 negara di 5 benua;
10. Mengembangkan potensi lebih dari 10.000 orang melalui Seminar PDS di 7 negara Asia.

Jika dirunut ke belakang, rasanya tidak mungkin saya memiliki semua itu sekarang. Tetapi, apa yang sudah saya capai saat ini membuktikan bahwa sesungguhnya impian itu berada lebih dekat dari yang saya pikirkan. Modal terpenting mewujudkan apa yang kita impikan bukan berasal dari luar diri kita tetapi, ada dalam diri kita sendiri.

“What lies behind us and what lies before us are tiny matters compared to what lies within us. ~ Apa yang ada di belakang atau di depan kita adalah hal kecil, tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan yang ada di dalam diri kita.”
Ralph Waldo Emerson

Akronim POSSIBLE berikut ini adalah potensi di dalam diri kita sendiri. Jika kita konsisten mengembangkan 8 hal tersebut pasti Anda segera mencapai impian.

P – Passion

Semangat adalah modal penting untuk meraih impian. Tantangan atau keterbatasan tidak akan sanggup menghalangi langkah-langkah Anda yang penuh semangat dan pantang menyerah. Semangat memungkinkan Anda selalu sampai di tempat tujuan. Semangat Anda tidak akan mudah padam jika Anda optimis dan yakin pada kekuatan yang Anda miliki.

“Show a man something he wants and he will move heaven and earth to get it. – Tunjukkan pada seseorang tentang sesuatu yang dia inginkan, dan dia akan memindahkan surga dan bumi ini untuk mendapatkannya (impian).”
Dale Carnegie

O – Organize

Luangkan waktu untuk menulis rencana kerja atau aktifitas yang harus Anda kerjakan. Perencanaan yang matang menjadikan langkah Anda lebih efektif dan efisien. Selain itu, catat setiap perkembangan yang Anda peroleh. Berdasarkan catatan tersebut Anda akan melihat cara efektif mengatasi tantangan dan seberapa jauh perkembangan yang sudah Anda capai. Setiap perkembangan positif pasti memacu semangat Anda lagi.

S – Strategy

Strategi adalah cara pintar untuk mencapai impian. Strategi kadang kita butuhkan supaya lebih cepat mencapai impian atau mengatasi tantangan super sulit. Maksimalkan daya kreatifitas Anda agar dapat melihat bermacam strategi untuk mencapai impian. Selanjutnya, evaluasi strategi Anda, untuk melihat seberapa efektif langkah-langkah Anda menuju sasaran (impian).

S – Setting Goal

Untuk mencapai impian dibutuhkan target pencapaian sesuai dengan batas waktu yang Anda tentukan. Tulislah impian Anda secara terperinci dan jangan takut untuk mengatakan impian Anda kepada orang lain. Selanjutnya, teruslah berusaha dan memastikan Anda menciptakan kemajuan dari waktu ke waktu.

I – Initiative

Keberhasilan selalu sejalan dengan sikap positif dan kepedulian Anda terhadap orang lain. Jika, Anda selalu berusaha bersikap positif, peka, dan berusahalah untuk menolong dengan penuh ketulusan Anda akan mudah memperoleh dukungan dan bantuan dari orang lain. Semakin peka dan positif sikap Anda maka, semakin besar kemungkinan Anda segera meraih kesuksesan.

“You get what you want, by helping other people get what they want. – Anda akan memperoleh apa yang Anda butuhkan dengan menolong orang lain mendapatkan apa yang mereka butuhkan.”
Zig Ziglar

B – Belief

Berhati-hati dalam melangkah itu perlu tetapi, terlalu menghitung resiko membuat Anda semakin takut melangkah. Selalu ada resiko dalam segala hal, dan Anda harus berani menghadapi resiko agar berhasil mencapai impian. Keyakinan yang kuat akan membuat Anda berani menghadapi resiko apapun dan bersungguh-sungguh berusaha hingga impian Anda terwujud.

“I need to believe, that something extraordinary is possible. Saya hanya perlu keyakinan bahwa segala sesuatu yang luar biasa itu sangat mungkin terjadi.”
Alicia Nash dalam bukunya A Beautiful Mind

L – Let Go & Let God

Jadilah yang terbaik dan lakukan yang terbaik, lalu serahkan hasilnya sepenuhnya kepada Tuhan YME. Berusahalah dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin. Jadikan setiap tantangan atau kegagalan sebagai penyemangat. Berusahalah lebih keras dan lebih baik dari sebelumnya, itu akan lebih memastikan Anda menemukan kesuksesan suatu saat nanti.

E – 8

Jagalah kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, luangkan waktu untuk berolah raga agar tubuh lebih bugar dan pikiran segar. Kesehatan fisik akan mempengaruhi tingkat energi Anda. Semakin sehat fisik Anda maka, semakin tinggi pula energi yang Anda miliki dan itu memungkinkan Anda berlari cepat untuk mewujudkan impian.

“Mens sana in corpore sano. A healthy mind in a healthy body; ”
Thales, filsuf Yunani

Itulah beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk meraih impian dan masih banyak lagi tips lainnya. Yang terpenting adalah jangan pernah takut untuk menetapkan impian, karena Anda memiliki segalanya untuk mewujudkan semua impian! Yakinlah dan berjuanglah dengan sekuat tenaga, suatu saat nanti pasti Anda berhasil meraih apa yang Anda impikan. Salam Sukses!

[Proaktif Network]