Pada hari Sabtu pagi yang cerah, terlihat seorang bapak sedang kesal dengan seorang montir di sebuah bengkel di daerah Taman Galaxy kalimalang. Pasalnya apa yang telah dikerjakan montir tersebut hari kemarin tidak membawa hasil yang menggembirakan.

“Mana katanya sudah  bener dan bisa irit bensin.” Bentaknya

Sang montir hanya garuk-garuk kepala, karena biasanya setelannya untuk menghemat bahan bakar bisa cespleng alias manjur. Dia bingung kenapa setelannya kali ini tidak berdampak pada hematnya bahan bakar di mobil Pak Daniel, pelanggan benkelnya. Parahnya lagi Pak Daniel jadi sewot dan mencak-mencak. Tetap saja tidak bisa menerima apa yang disampaikan sang montir.

“Bapak tidak main ngegas-ngegas kan kalau nyopir?” Tanya montir

“Aaah! Kamu ini cari alasan saja. Sudah dibayar mahal. Nggak ada hasilnya lagi! Mana Boss mu!” Bentaknya

Mereka pun menuju ruang manager bengkel, dan menceritakan kejadian yang dialami.

“Memang dulu mobil bapak berapa kilo per liter?” Tanya manager bengkel

“Nggak tahu?” jawab Pak Daniel

“Sekarang?” tanya manager bengkel lagi.

“Wah! Nggak tahu juga.” Jawabnya

“Kok bapak bilang mobil bapak jadi boros?”

“Dulu saya isi Rp. 50.000 bisa lima hari, sekarang hanya tiga hari” Jawabnya bersungut-sungut.

Manager bengkelpun tersenyum dan bahkan hampir tertawa.

“Bapak tahu kalau BBM sekarang naik?” tanya manager bengkel pada pak Daniel.

“Ya ampuuun! Oh iya-ya! Saya selalu mengisi bensin Rp. 50.000,-. Tidak pernah melihat berapa liter saya dapat. Jadi bukan mobil saya yang menjadi boros namun harga bensin yang naik. Aduh Goblok bener saya ini. Maaf-maaf. Ok saya pamit dulu. Maaf ya mas!” Pak daniel pun minta maaf pada motir yang sudah terlanjur dimaki-maki.

Sahabat sukses! Betapa kesalahan diagnosa suatu masalah, bisa berakibat sangat fatal, boros dan melelahkan. Ketajaman mendiagnosa sangat diperlukan. Siapapun anda. Anda sering melihat kasus salah diagnosa pada dokter dan berakibat sangat serius.

Lalu bagaimana dengan diri anda sekarang? Anda merasa berjalan ditempat? tidak bergerak kemana-mana, serta perubahan kehidupan anda tidak mengalami hal-hal yang baik. Kecenderungan kebanyakan orang akan mencari 1001 alasan untuk justifikasi dan menyalahkan orang. Ini adalah diagnosa yang paling FATAL yang mengakibatkan anda tidak akan ada berbaikan. Tidak akan ada perubahan.

Diagnosa dengan benar dan jujur, maka anda akan menemukan obat dan tindakan yang tepat. Sekarang saatnya anda melakukan diagnosa diri. Tanyakan pada diri anda dan buatlah daftar jawabannya.

“MENGAPA SAYA BELUM SUKSES?”