Customer service adalah bagian yang tak terpisahkan dari pekerjaan kita sebab bagianterpenting dari perusahaan adalah pelanggan. Tanpa mereka, kita tak akan bisa berada dalam dunia bisnis. Ketika anda memuaskan customer anda, maka mereka tak hanya membantu anda bertumbuh tetapi juga merekomendasikan anda kepada teman-teman dan asosiasi mereka.Berikut adalah sepuluh kiat untuk menjadi Customer Service yang baik:

1.  Kenali siapa calon pelanggan kitaKita berada dalam bisnis yang melayani kebutuhan pelanggan dan kita hanya bisamelakukan itu hanya bila kita mengetahui apa yang mereka inginkan. Ketika kita benar-benar mendengarkan mereka, mereka akan membuat kita mengerti apa yang mereka inginkan dan bagaimana menyediakan pelayanan yang baik. Jangan lupa bahwa pelanggan lah yang membayar gaji kita.

 

2.  Jadilah pendengar yang baik Pergunakan waktu untuk mengenal kebutuhan pelanggan dengan bertanya dan berkonsentrasi pada pertanyaan mereka. Dengarkan kata-kata mereka, cara bicara,body language, dan yang terpenting adalah apa yang mereka rasakan. Berhati-hatilah dalam berasumsi. Berfikirlah kalau kita dapat mengerti keinginan mereka.

 

3.  Kenali dan antisipasi kebutuhan pelangganPelanggan tidak membeli produk atau jasa. Mereka membeli good feeling dan solusiterhadap masalah. Kebanyakan dari keinginan mereka melibatkan perasaan (emosional)ketimbang logika. Semakin kita tahu pelanggan kita, semakin kita dapat mengantisipasi kebutuhan mereka.

 

4.  Membuat pelanggan merasa penting dan dihargai Perlakukan pelanggan secara individual. Selalu menyebut nama dan memuji mereka,tapi tetap dengan sikap menghormati. Pelanggan itu sangat sensitif dan tahu apakahkita peduli pada mereka atau tidak.

 

5.  Bantu pelanggan mengerti sistem pekerjaan kitaJelaskan kepada pelanggan sistem dan peraturan yang diterapkan di perusahaan kita.Percuma bila kita mempunyai sistem terbaik di dunia bila pelanggan tidak mengertisistem tersebut.

 

6.  Hargai kekuatan berkata Ya Selalu cari cara untuk membantu pelanggan kita. Ketika mereka memiliki permintaan(selama permintaan tersebut beralasan), beritahu mereka kalau kita dapat melakukannya. Pikirkan cara setelahnya.

 

7.  Tahu bagaimana cara meminta maaf Ketika kita membuat kesalahan pada pelanggan kita atau sesuatu berjalan tidak semestinya, meminta maaf lah. Itu tidak lah susah dan mereka menyukainya. Pelanggan tidak selalu benar, namun mereka harus selalu menang. Hadapi masalah sesegera mungkin dan biarkan mereka tahu yang kita kerjakan. Mudahkan mereka untuk berkeluhkesah.

 

8.  Berikan pelayanan yang lebih dari apa yang pelanggan ekspektasikan Karena masa depan semua perusahaan bersandar pada membuat pelanggan bahagia.

 

9.  Dapatkan feedback secara regular Sarankan dan terima lah saran dari pelanggan tentang apa yang dapat kita perbaiki. Adabeberapa cara untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan dan rasakan tentangpelayanan kita.

 

10.      Perlakukan karyawan dengan baikKaryawan adalah  pelanggan internal kita dan butuh banyak apresiasi. Berterimakasih lahkepada mereka dan buat mereka tahu bahwa mereka penting untuk kita. Perlakukankaryawan dengan hormat, dengan cara itu maka mereka akan lebih menghargai pelanggan kita.

 

http://www.scribd.com